Cerita Rakyat Kalimantan Barat Legenda Batu Menangis

Tim iNews.id ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 14:30:00 WIB
Cerita Rakyat Kalimantan Barat Legenda Batu Menangis
Cerita Rakyat Kalimantan Barat Legenda Batu Menangis. (YouTube Dongeng Kita)

JAKARTA, iNews.id - Cerita rakyat Kalimantan Barat ini mengisahkan tentang legenda batu menangis. Cerita rakyat ini sangat populer di Kalimantan Barat.

Berikut kisahnya dikutip dari tayangan YouTube Dongeng Kita

Legenda Batu Menangis

Dahulu kala, hidup seorang ibu dengan anak perempuannya yang bernama Darmi. Ayah Darmi telah lama meninggal. Dahulu mereka hidup berkecukupan. Namun setelah ayahnya meninggal, ibu Darmi harus bekerja keras di ladang demi hidup mereka.

Setiap hari bekerja di ladang membuat kulit ibu Darmi jadi kian gelap. Berat tubuhnya juga menyusut. Semua dilakukannya demi Darmi putri satu-satunya. Namun Darmi tidak mau membantu ibunya. Kerjanya setiap hari hanya berdandan dan enggan keluar rumah karena takut kulitnya gelap seperti ibunya.

Suatu hari ibu Darmi hendak bekerja di ladang. Dia akan bekerja sampai sore hari. Sebab musim panen sudah tiba dan ibunya berkata pada Darmi.

"Darmi bisakah kamu memasak hari ini, nak? Ibu tidak bisa pulang siang ini karena harus menyelesaikan panen kita. Jika sudah selesai memasak maukah mengantarkannya ke ladang untuk ibu?" ucap ibu Darmi.

Darmi yang sedang menyisir rambutnya yang indah pun terkejut. "Tidak mau bu jika aku memasak. Rambut ku bisa bau tungku bu. Aku kan habis keramas, lalu jika aku mengantarkan makan ke ladang nanti kulitku jadi hitam. Aku kan habis luluran," jawab Darmi.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: