Cerita Rakyat Kalimantan Barat, Legenda Datok Kullup

Tim iNews.id ยท Senin, 22 Agustus 2022 - 12:12:00 WIB
Cerita Rakyat Kalimantan Barat, Legenda Datok Kullup
Makam Datok Kullup di Bukit Piantus, Sambas, Kalimantan Barat. (Foto: Ist)

SAMBAS, iNews.id - Cerita rakyat Kalimantan Barat ini berkisah tentang legenda Datok Kullup. Cerita ini berasal dari daerah Sambas dan masih diceritakan secara turun-temurun oleh warga setempat.

Berikut kisahnya disarikan dari YouTube Adaptasi Channel. 

Datok Kullup adalah anak ketiga dari Raja Tan Unggal. Dia adalah anak ketiga raja dan sejak lahir sudah ditinggalkan oleh ibunya sang permaisuri raja. 

Permaisuri meninggal ketika melahirkan Datok Kullup, sehingga dayang istana diberi tugas untuk merawat dan membesarkan Datok Kullup. Dayang-dayang istana pun merawat Datok Kulup dengan penuh perhatian dan kasih sayang.

Saat beranjak dewasa, Datok Kullup harus disunat. Beberapa orang bilal di kerajaan pun datang untuk menyunat Datok Kullup. Namun apa yang terjadi, karena kekebalan yang dimiliki Datok Kullup, tidak ada satu pun pisau yang berhasil menyunatnya.

Bebagai macam pisau pun dicoba oleh bilal kerajaan, namun tetap tidak ada yang berhasil. Hingga akhirnya sang bilal menggunakan kapak. Lagi-lagi upaya ini sia-sia dan tak membuahkan hasil sehingga bilal pun pusing.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsKalbar di Google News

Bagikan Artikel: