Edi Kamtono Sebut Capaian Vaksinasi Berdasarkan NIK Rugikan Pontianak, Ini Alasannya

Barlian Pasore, Antara ยท Rabu, 12 Januari 2022 - 14:40:00 WIB
Edi Kamtono Sebut Capaian Vaksinasi Berdasarkan NIK Rugikan Pontianak, Ini Alasannya
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengritik pencapaian vaksinasi yang dihitung berdasarkan NIK. (Foto : Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono tak setuju dengan pencapaian vaksinasi Covid-19 yang diukur berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Cara tersebut dinilai merugikan Kota Pontianak lantaran tak semua penerima vaksin tercatat sebagai pemegang NIK Kota Pontianak.

Menurut Edi, pencapaian vaksinasi di Kota Pontianak sudah 80 persen untuk dosis pertama dan kedua. Namun jika mengikuti data NIK dari pemerintah pusat jumlahnya hanya 67 persen.

"Jika mengikuti data capaian vaksinasi berdasarkan NIK KTP yang dikeluarkan pemerintah pusat, capaian vaksinasi di Kota Pontianak menjadi hanya sekitar 67 persen," kata Edi melalui keterangan tertulis kepada media, Rabu (12/1/2022).

Menurut Edi hal itu sangat merugikan. Sebab Kota Pontianak dinilai belum mencapai target vaksinasi Covid-19 yakni 70 persen.     

Edi mencontohkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu.  Sidiq yang telah memiliki KTP Kota Pontianak namun tercatat memiliki NIK dari Kabupaten Sintang tidak tercatat sebagai penerima vaksin.

"Ini kan lucu. Tapi kami akan terus melakukan vaksinasi," ujarnya.

Edi mengatakan, Pemkot Pontianak tidak akan kendor menggelar vaksinasi Covid-19 dengan berbagai cara termasuk door to door ke rumah warga.

"Pemkot Pontianak akan tetap gencar melaksanakan vaksin Covid-19 guna mencapai kekebalan komunal atau herd immunity," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: