Edi Rusdi Kamtono Minta Lurah dan Camat di Pontianak Waspada Karhutla

Antara ยท Kamis, 05 Agustus 2021 - 12:20:00 WIB
Edi Rusdi Kamtono Minta Lurah dan Camat di Pontianak Waspada Karhutla
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta camat dan lurah agar waspada jangan sampai terjadi karhutla. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta jajaran lurah dan camat untuk selalu waspadai wilayahnya agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Para lurah dan camat ini menjadi ujung tombak pemerintah dalam penanganan karhutla.

"Saya minta para lurah dan camat untuk waspada dengan melakukan langkah antisipasi. Jangan sampai terjadi karhutla, terutama di wilayah lahan gambut yang rentan seperti di Kecamatan Pontianak Selatan, Tenggara dan sebagian Utara," ujar Edi, Rabu (4/8/2021).

Sebelumnya, karhutla sempat terjadi di Jalan Sepakat 2 Kelurahan Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara. Peristiwa ini menjadi perhatian Pemkot Pontianak.

Hasil penelusuran yang dilakukan, dugaan kuat atau 99 persen penyebab kebakaran karena sengaja dibakar untuk membuka lahan.

Wali kota pun mengingatkan masyarakat tidak membersihkan lahan dengan cara membakar. Baik dalam skala kecil maupun besar karena berdampak luas dan merugikan orang banyak akibat asap yang ditimbulkan.

"Apalagi karhutla yang terjadi di lahan gambut akan lebih mudah dan cepat merembet," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: