Gara-Gara Layangan, 3 Wilayah di Kalbar Ini Sering Padam Listrik

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:41 WIB
Gara-Gara Layangan, 3 Wilayah di Kalbar Ini Sering Padam Listrik
Tiang listrik di Kota Singkawang. (Antara)

PONTANAK, iNews.id- Layangan yang sedang marak di masyarakat ternyata menjadi penyebab listrik padam di berbagai wilayah Kalimantan Barat (Kalbar). Layangan yang menyangkut di kabel listrik mengganggu distribusi listrik ke rumah warga.

"Kota Singkawang, Bengkayang dan Sambas yang sering padam listrik disebabkan oleh layang-layang," kata Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Singkawang, Robin Septavyn, Rabu (24/6/2020).

Robin mengatakan, PLN telah berkoordinasi dengan aparat daerah setempat untuk melakukan pemberitahuan kepada warga.

Hampir tiap sore, PLN melakukan patroli dengan menyasar titik-titik lokasi para pemain layangan. Bahkan hingga malam hari juga masih didapati masyarakat yang bermain layang-layang yang mana layang-layang yang ditemui menggunakan tali dari kawat.

Menurutnya, Ketegasan instansi dan aparat terkait dalam menerapkan larangan bermain layangan di lokasi yang berbahaya sangat diperlukan.

"Perlu dukungan dan kerjasama aparat serta tokoh masyarakat untuk peduli dan ambil bagian dalam menertibkan pemain layang-layang agar keberadaannya tidak lagi mengganggu kita semua khususnya jaringan listrik PLN," katanya.

Kendati demikian, menurut PLN yang terpenting yakni kepedulian masyarakat untuk tidak bermain dekat jaringan PLN. Apalagi sampai menyentuh jaringan listrik karena hal ini juga dapat membahayakan jiwa mereka yang bermain.

"Saya mengimbau serta mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga seluruh aset kelistrikan agar masyarakat khususnya pelanggan PLN dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman," katanya.


Editor : Reza Yunanto