Gencar Operasi Pasar, Pertamina Akui Pembeli Elpiji Bersubsidi di Pontianak Mulai Sepi

Antara ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 11:28:00 WIB
Gencar Operasi Pasar, Pertamina Akui Pembeli Elpiji Bersubsidi di Pontianak Mulai Sepi
Ratusan warga Desa Sungai Kakap, Kubu Raya, Kalimantan Barat mengantre elpiji bersubsi di pangkalan, Rabu (29/7/2020). (iNews.id/Faisal Abubakar)

PONTIANAK, iNews.id - Pertamina gencar menggelar operasi pasar elpiji bersubsidi di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Namun operasi pasar yang biasanya ramai tersebut kini mulai sepi pembeli.

Sales Branch Manager Pertamina Wilayah Kalbar, Farid Akbar mengatakan, sepinya pembeli karena kebutuhan elpiji bersubsidi masyarakat telah terpenuhi.

Masyarakat yang semula sulit mendapat tabung gas 3 kilogram, kini sudah memiliki dan mendapatkannya dengan harga yang tak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET). Bahkan di beberapa titik, tabung gas elpiji bersubsidi yang disiapkan Pertamina tidak ada yang membeli.

"Malah operasi pasar di Pasar Rakyat Terminal Agro yang kami gelar Sabtu, hingga sore hari sebanyak 560 tabung elpiji subsidi belum juga habis," tuturnya di Pontianak, Minggu (2/8/2020).

Dia menambahkan, gencarnya operasi pasar yang dilakukan Pertamina bersama Pemerintah Kota Pontianak karena berupaya memenuhi tingginya permintaan elpiji subsidi menjelang dan sesudah Lebaran Idul Adha.

Hingga beberapa hari ke depan, Pertamina tetap akan melakukan operasi pasar untuk menjamin kebutuhan masyarakat terpenuhi.

"Ini sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat akan elpiji subsidi bagi masyarakat tidak mampu dan usaha mikro yang ada di Kota Pontianak," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta Pertamina segera mengatasi kelangkaan elpiji bersubsidi yang terjadi di beberapa wilayah.

Pertamina pun telah menyanggupi dengan menambah pasokan tabung gas 3 kilogram sebanyak 149.160 tabung yang akan disalurkan bertahap mulai 30 Juli hingga 5 Agustus 2020.


Editor : Reza Yunanto