Gubernur Sutarmidji: Jangan Remehkan Corona, Apalagi Punya Penyakit Bawaan

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 17:01 WIB
Gubernur Sutarmidji: Jangan Remehkan Corona, Apalagi Punya Penyakit Bawaan
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji meminta masyarakat tidak meremehkan virus corona (Covid-19). Apalagi bagi yang memiliki penyakit bawaan, bisa berpotensi pada kematian.

"Jangan meremehkan corona, karena seseorang yang terpapar virus corona bisa memberatkan penyakit bawaannya. Bahkan bisa berujung pada kematian," kata Sutarmidji di Pontianak, Rabu (17/6/2020).

Sutarmidji mengatakan, saat ini penting bagi masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar. Bila orang yang tidak mempunyai penyakit bawaan, umumnya sebelum 14 hari bisa sembuh. Namun bila daya tahan tubuh individu merosot, virus lebih mudah menyerang.

"Kalau ada penyakit bawaan seperti jantung, diabetes, darah tinggi, paru-paru dan lain-lain, umumnya walaupun sudah 3 bulan dirawat, namun tidak sembuh," tuturnya.

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode ini menambahkan, tingkat kesembuhan di Kalbar saat ini mencapai 64 persen dari total pasien positif. Meskipun bukan yang terbaik, namun kecenderungan pasien sembuh terus meningkat.

"Kalbar termasuk di ranking 21-24 se-Indonesia. Saya yakin ke depan bisa semakin banyak yang sembuh, karena ada orang yang masuknya koma sekarang sudah sembuh," katanya.


Editor : Reza Yunanto