Hari Ini Pontianak Mulai Belajar di Sekolah, Wali Kota Edi Pantau Langsung

Tim iNews.id ยท Senin, 22 Februari 2021 - 12:21:00 WIB
Hari Ini Pontianak Mulai Belajar di Sekolah, Wali Kota Edi Pantau Langsung
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memantau belajar tatap muka perdana, Senin (22/2/2021). (Foto: Pemkot Pontianak)

PONTIANAK, iNews.id - Pontianak mulai menggelar belajar tatap muka di sekolah hari ini, Senin (22/2/2021). Wali Kota Edi Rusdi Kamtono langsung memantau kegiatan belajar mengajar tersebut.

"Hari ini untuk pertama kali pada tahun 2021 anak-anak mulai masuk sekolah secara tatap muka. Tentu dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Edi di salah satu sekolah yang didatangi.

Edi mengatakan, ada enam SD dan enam SMP yang hari ini mulai mengadakan belajar tatap muka hari ini. Selanjutnya ada 147 SD dan 29 SMP yang siap memulai belajar tatap muka di sekolah setelah uji coba ini berjalan. 

Pelaksanaan belajar tatap muka di sekolah diprioritaskan untuk siswa kelas 6 SD dan kelas 9 SMP. Peserta dalam satu kelas pun dibatasi. "Jumlah siswa di dalam kelas juga dibatasi maksimum dalam satu kelas 16 murid saja," ujarnya.

Belajar tatap muka di sekolah. (Foto: istimewa).
Belajar tatap muka di sekolah. (Foto: istimewa).

Edi mengatakan, sekolah swasta juga diperbolehkan mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka. Hal itu bisa dilakukan asal telah memenuhi syarat penerapan protokol kesehatan seperti menyiapkan sarana pengecek suhu tubuh, tempat cuci tangan, dan menyiapkan masker. 

"Intinya penerapan protokol kesehatan yang ketat," katanya.

Menurut Edi, Pemkot Pontianak akan memantau dan mengevaluasi uji coba pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah yang dimulai hari ini.

Pembelajaran tatap muka di Pontianak telah mendapat izin lantaran ibu kota Provinsi Kalbar ini telah berada di zona kuning, yang berarti berisiko rendah penularan Covid-19.

Pertimbangan lain, sebagian siswa menghadapi kendala dalam mengikuti pembelajaran dari jarak jauh.

Editor : Reza Yunanto