Kalbar Surplus Beras, Gubernur Sutarmidji Minta Masyarakat Beli Produk Lokal

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 16:48 WIB
Kalbar Surplus Beras, Gubernur Sutarmidji Minta Masyarakat Beli Produk Lokal
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta masyarakat membeli beras lokal. Selain karena Kalbar surplus beras, membeli produk lokal juga membantu kesejahteraan petani di masa pandemi Covid-19.

"Selama ini surplus beras, sayangnya beras kita belum terserap penuh oleh pasar. Untuk itu masyarakat diharapkan bisa mengonsumsi beras lokal kita agar kesejahteraan petani kita meningkat," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin (29/6/2020).

Sutarmidji mengatakan, beras hasil petani di Kalbar tak kalah dengan beras produksi daerah lain. Masyarakat Kalbar seharusnya bisa berbangga dengan beras produksi lokal.

"Beras yang dihasilkan petani Kalbar juga tidak kalah dengan beras dari luar, sehingga masyarakat harus bangga dengan produk lokal," ujar mantan Wali Kota Pontianak ini.

Sutarmidji mengatkan, untuk membantu penyerapan beras lokal, Dinas Koperasi dan UMKM di Kalbar ditugaskan untuk meningkatkan kualitas produk lokal.

Hal itu dilakukan agar bisa terserap oleh pasar lokal, nasional dan internasional. Selain itu bisa menciptakan pasar sistemik bagi pelaku UMKM, memperkuat peran koperasi dan meningkatkan peran dalam perekonomian masyarakat.

Sutarmidji mengatakan, selama ini negara masih mengimpor beras dari Vietnam, Kamboja dan beberapa negara lain. Menurutnya jika beras yang ada di setiap daerah di Kalbar bisa didistribusikan dengan baik untuk daerah yang kurang, beras lokal bisa terserap dengan baik oleh pasar.

"Hal seperti ini yang harus dilakukan oleh dinas terkait agar bisa mendistribusikan produk masyarakat, sehingga tercipta hilirisasi produk yang baik," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto