Kasus Covid-19 di Kalbar Meningkat, Kubu Raya Jadi Zona Oranye

Antara ยท Jumat, 07 Agustus 2020 - 07:19 WIB
Kasus Covid-19 di Kalbar Meningkat, Kubu Raya Jadi Zona Oranye
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menyoroti peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya. Setelah sempat zona hijau, kabupaten tersebut kini naik menjadi zona oranye atau resiko sedang.

"Saya sudah ingatkan hati-hati, ternyata sekarang ada lagi daerah yang oranye penyebaran Covid-19," kata Gubernur Kalbar Sutarmidji di Pontianak, Kamis (6/8/2020).

Sutarmidji mengatakan, sebelumnya 14 daerah di Kalbar sudah masuk ke zona hijau bebas Covid-19. Seluruh kasus positif juga telah sembuh.

Namun ada satu daerah yang naik lagi statusnya menjadi zona oranye atau beresiko sedang karena ditemukan kasus positif dari pendatang.

"Kita jangan berprinsip yang positif bukan warga kita. Tapi kan catatannya sebagai kasus di daerah kita dan menjadi dasar pusat buat status daerah tersebut," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinkes Kalbar, Harisson menuturkan, daerah yang naik menjadi zona oranye itu yakni Kabupaten Kubu Raya. Selain itu ada tiga daerah yang naik menjadi zona kuning atau beresiko rendah.

"Untuk daerah yang masuk zona kuning antara lain, Sanggau, Kota Pontianak dan Ketapang. Semenatra daerah yang masuk dalam zona oranye adalah Kabupaten Kubu Raya," katanya.

Melansir data Dinkes Kalbar, jumlah kasus positif Covid-19 kini mencapai 394 orang. Ada penambahan 7 kasus baru yang tercatat pada Kamis (6/8/2020).


Editor : Reza Yunanto