Kisah Pencarian Pasien Covid-19 Kabur di Pontianak, Foto Disebar di Media Sosial

Faisal Abubakar ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 10:42 WIB
Kisah Pencarian Pasien Covid-19 Kabur di Pontianak, Foto Disebar di Media Sosial
Petugas kesehatan saat menjemput Ismail di lokasi persembunyiannya Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (5/8/2020) malam. (iNews.id/Faisal Abubakar)

KUBU RAYA, iNews.id - Pelarian Ismail (42) berakhir sudah. Warga Jombang, Jawa Timur yang kabur setelah dinyatakan positif Covid-19 saat datang ke Pontianak itu ditemukan di warga di sebuah desa di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kisah ditemukannya Ismail diceritakan Sri Maryani, salah seorang petugas kesehatan di Kubu Raya yang mendapat informasi dari warga soal keberadaan Ismail.

Sri menuturkan, pada Rabu (5/8/2020) sore dirinya mendapat informasi dari sejumlah warga yang melihat keberadaan Ismail di Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang.

Warga memastikan orang yang dilihat tersebut adalah Ismail yang sedang dicari. Foto Ismail sebelumnya juga sudah tersebar viral di masyarakat.

"Ketika mendapat informasi itu, saya langsung berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sungai Ambawang melalui grup Whatshapp. Tapi saat itu kami kehilangan jejak, pasien menghilang," ujarnya, Kamis (6/8/2020).

Sri mengatakan, dirinya sempat ragu tentang informasi tersebut karena pada saat yang sama juga beredar kabar Ismail telah menyerahkan diri. Sebab pada saat yang sama beredar kabar Ismail sudah menyerahkan diri.

“Kami waktu itu sempat bingung, informasi yang tersebar di grup WhatsApp bahwa Ismail sudah menyerahkan diri pada pukul 14.00 WIB. Jadi yang dilihat warga itu siapa?" tuturnya.

Namun malam harinya sekitar pukul 21. 25 WIB, ada lagi warga yang datang ke rumahnya dan melaporkan melihat Ismail bersembunyi di Desa Jawa Tengah, di sebuah gang kecil di Jalan Trans Kalimantan KM 15.

Kali ini, Sri menuturkan petugas kesehatan tidak mau kehilangan jejak lagi. Sehingga informasi tersebut segera ditindaklanjuti dengan menuju ke lokasi.

"Kami langsung bergerak cepat takut Ismail kabur lagi. Kami pun segera melapor ke Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten kubu Raya terkait hal tersebut," ujarnya.

Laporan warga ini ternyata benar. Orang yang dilihat di Desa Jawa Tengah itu memang Ismail.

Sri menuturkan, warga dan aparat desa kemudian langsung bertindak cepat mencegat Ismail di Jalan Trans kalimantan KM 16, Desa Jawa Tengah sekitar pukul 23.30 WIB.

Petugas Puskesmas Sungai Ambawang yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap kemudian membawa Ismail ke puskesmas.

Setiba di Puskesmas Ambawang, Ismail langsung dipindah ke mobil Ambulans Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang sudah menunggu untuk membawa ke tempat isolasi di Rusunawa yang berada di Jalan Komodor Yos Sudarso, Pontianak.

Sebelumnya, Ismail dikabarkan kabur dari Hotel Jeruju Baru pada Selasa (4/8/2020). Dia dinyatakan positif terjangkit Covid-19 setelah berdasarkan rapid test acak di Bandara Supadio Pontianak dirinya mendapatkan hasil reaktif.


Editor : Reza Yunanto