Mudik Lewat Jalan Tikus Perbatasan RI-Malaysia, Siap-Siap Hadapi Satgas Pamtas

Antara ยท Sabtu, 08 Mei 2021 - 10:51:00 WIB
Mudik Lewat Jalan Tikus Perbatasan RI-Malaysia, Siap-Siap Hadapi Satgas Pamtas
Satgas Pamtas Yonif 407/PK melakukan pengawasan ketat dan menutup sejumlah jalan tikus di perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (Foto: Timotius/Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat memperketat pengawasan di jalan tikus sejak pemberlakuan larangan mudik. Jalan tikus kerap dijadikan jalur perlintasan ilegal.  

"Kami meningkatkan pengawasan dan menutup jalan-jalan tikus di sepanjang perbatasan untuk mencegah terjadinya kegiatan ilegal dan menindaklanjuti larangan mudik," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, TNI bersama Polri dan Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan terhadap pelintas dan arus kendaraan di daerah perbatasan. Saat ini jalur resmi juga telah ditutup terkait larangan mudik.

Di tempat terpisah, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menegaskan yang perlu diwaspadai yaitu jalur perbatasan. Selain perbatasan antara Indonesia-Malaysia, juga perbatasan kabupaten yakni Sintang-Kapuas Hulu.

Selain untuk menindaklanjuti larangan mudik, pengawasan juga untuk memutus mata rantai sebaran Covid-19 dari pelaku perjalanan antardaerah

"Tiap pintu masuk ada posko pengawasan terhadap larangan mudik yang dilakukan oleh tiga pilar yaitu Polri, TNI dan pemerintah daerah," ujar

Editor : Reza Yunanto