get app
inews
Aa Text
Read Next : 5 Cara Memilih Lego Minecraft yang Edukatif dan Seru untuk Anak

PLBN Entikong Berbenah, Tingkatkan Kepuasaan Pelayanan Publik 

Minggu, 24 Desember 2023 - 09:00:00 WIB
PLBN Entikong Berbenah, Tingkatkan Kepuasaan Pelayanan Publik 
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong melakukan survei untuk mengukur persepsi masyarakat pelintas batas setelah menerima pelayanan publik. (Foto: dok BNPP)

Sementara itu, Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara Budi Setyono mengatakan, “kami telah mendalami persepsi para pelintas yang menerima pelayanan ublik di PLBN terdiri dari 141 pelintas yang menerima pelayanan imigrasi, 129 orang yang menerima pelayanan bea dan cukai, tujuh pelintas penerima pelayanan karantina kesehatan, empat pelintas penerima layanan karantina pertanian (hewan dan tumbuhan), enam pelintas penerima pelayanan pengurusan kendaraan bermotor lintas batas negara, dan satu pelintas penerima pelayanan karantina ikan."

Adapun indikator pesepsi yang didalami pada Survei Kepuasan atas Pelayanan Publik di PLBN Entikong meliputi sembilan unsur penilaian, yakni persyaratan, sistem, mekanisme, dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan, serta sarana dan prasarana. 

"Meskipun capaian Pelayanan Publik di PLBN entikong mendapatkan skala penilaian 'Baik', tetapi masih terdapat unsur kepuasan publik yang perlu ditingkatkan. antara lain dalam kaitan dengan penyediaan layanan data bagi publik berupa kebutuhan kualitas jaringan internet di area koridor," tutur Budi.

Pencapaian penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan pengelola berbanding lurus dengan hasil pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggara pelayanan publik yang dilakukan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Hal ini ditetapkan dalam Keputusan Menpan RB Nomor 795 tahun 20023 tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik di Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN Tahun 2023.

“PLBN Entikong termonitor mendapatkan predikat 'Sangat Baik' dengan nilai indeks mencapai 4,35 atau nilai A- dalam penilaian Layanan Administrasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik," ujar Simbolon.

Editor: Rizqa Leony Putri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut