Presiden Jokowi Minta Tepian Sungai Kapuas dan Melawi Ditanami Pohon

Antara ยท Rabu, 08 Desember 2021 - 14:15:00 WIB
Presiden Jokowi Minta Tepian Sungai Kapuas dan Melawi Ditanami Pohon
Presiden Joko Widodo meminta ditanam pohon di tepian Sungai Kapuas dan Sungai Melawi untuk mencegah banjir. (Foto:

SINTANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Sintang Kalimantan Barat yang sempat dilanda banjir hingga sebulan lamanya. Menurut Jokowi perlu dilakukan penghijauan untuk mencegah banjir dalam jangka panjang.

Dia meminta kementerian terkait dan perusahaan menanam pohon di tepian Sungai Kapuas dan Sungai Melawi.

"Saya perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar melakukan penyemaian untuk penanaman pohon, ujar Jokowi di Sintang, Rabu (8/12/2021). 

Dalam kunjungan itu Jokowi juga melihat pembangunan tanggul dari geotube yang diisi pasir. Namun tanggul ini dibuat untuk mengatasi banjir dalam jangka pendek saja. 

"Bangunan infrastruktur geotube penanganan banjir jangka pendeknya. Geotube diisi dengan pasir untuk mengurangi banjir," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, penanganan banjir juga harus untuk jangka menengah dan panjang. Untuk itu perlu diperbaiki daerah aliran sungai (DAS) dengan menanam pohon di Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. 

"Hujan ekstrem terjadi juga kerusakan daerah aliran sungai. Jadi kita akan siapkan penanaman pohon daerah yang berada di sungai Kapuas dan Melawi," katanya.

Presiden Jokowi pun melakukan penanaman pohon di Kelurahan Kedabang, Sintang. "Kita akan perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan besar untuk membuat persemaian, untuk penghijauan," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: