Mengenal Suku-Suku di Pulau Kalimantan, Bukan Hanya Dayak dan Banjar

Tri Erysandi ยท Rabu, 28 September 2022 - 14:00:00 WIB
Mengenal Suku-Suku di Pulau Kalimantan, Bukan Hanya Dayak dan Banjar
Suku-suku di Pulau Kalimantan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Suku-suku di Pulau Kalimantan ada berbagai macam. Pulau Kalimantan memiliki luas 743.330 kilometer persegi yang menjadikan Kalimantan sebagai pulau terbesar ketiga di dunia.

Kalimantan dalam bahasal lokal berarti pulau yang banyak sungai. Tak heran bila Kalimantan dijuluki pulau seribu sungai. Pulau Kalimantan juga terkenal sebagai pulau yang hutan tropis yang lebat seluas 40,8 juta hektare. 

Masayarakat umumnya mengenal suku Dayak, Banjar hingga Melayu sebagai penghuni Pulau Kalimantan. Ternyata, ada beragam suku yang menghuni pulai ini. 

Suku-suku di Pulau Kalimantan

1. Suku Dayak

Suku Dayak merupakan suku asli Kalimantan yang memiliki populasi terbesar. Suku Dayak tersebar di lima provinsi yang ada di Pulau Kalimantan yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. 

Menurut data sensus penduduk, Suku Dayak memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.400.000 jiwa. Suku Dayak juga merupakan suku pedalaman yang tinggal di dekat aliran sungai di dalam hutan yang menjadikan suku ini terkenal dengan kebudayaan maritim dan bahari, karena sebagian besar pekerjaan mereka adalah nelayan di huluan sungai. 

Suku Dayak memiliki 6 rumpun yaitu Rumpun Klemantan, Rumpun Apokayan, Rumpun Iban, Rumpun Murut, Rumpun Ot Danum- Ngaju, dan Rumpun Punan. Rumpun Dayak Punan merupakan sub etnis suku Dayak yang paling lama mendiami pulau Kalimantan.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: