Tilang Elektronik di Kota Pontianak Masih Sosialisasi, Ini Alasannya

Antara ยท Rabu, 15 September 2021 - 17:08:00 WIB
Tilang Elektronik di Kota Pontianak Masih Sosialisasi, Ini Alasannya
Penerapan tilang elektronik (ETLE) di Kota Pontianak masih tahap sosialisasi. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Polresta Pontianak menyebut penerapan tilang elektronik atau ETLE masih tahap sosialisasi. Sejumlah perangkat seperti CCTV masih disiapkan di sejumlah lokasi. 

"Hingga saat ini tahapan masih sosialisasi dan penambahan perangkat. Sarana prasarananya masih ada yang belum 100 persen," kata Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Rio Sigal Hasibuan saat dihubungi Pontianak, Rabu (15/9/2021).

Dia menjelaskan, penerapan tilang elektronik atau ETLE di Kota Pontianak diharapkan bisa meminimalkan pelanggaran lalu lintas oleh pengendara kendaraan bermotor. Selain itu juga menekan angka kecelakaan lalu lintas yang mungkin terjadi.

"Penerapan ETLE terdapat dua tahap. Tahap pertama sudah diluncurkan pada kota besar di beberapa provinsi termasuk di Kalbar," ujarnya.

Rio mengatakan, pelanggaran yang akan tertangkap kamera ETLE seperti pengendara melebihi kecepatan, menerobos lampu merah, lawan arus, melanggar rambu jalan, putar arah di tempat yang dilarang.

Berikutnya yakni uji berkala, parkir di area yang dilarang, parkir, pajak STNK, pengendara roda dua tidak menggunakan helm dan pengendara roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2