Tim SAR Evakuasi 7 Nelayan Korban Kapal Tenggelam di Kalbar, 2 di Antaranya Selamat

Antara ยท Selasa, 20 Juli 2021 - 16:07:00 WIB
Tim SAR Evakuasi 7 Nelayan Korban Kapal Tenggelam di Kalbar, 2 di Antaranya Selamat
Tim SAR gabungan Pontianak mengevakuasi tujuh nelayan korban kapal tenggelam di perairan Kalbar. Lima di antaranya meninggal. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Tim Search and Rescue (SAR) Gabungan Pontianak mengevakuasi lagi tujuh korban dari 18 kapal motor nelayan yang mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk di perairan Kalimantan Barat, beberapa hari lalu.

Dari tujuh korban itu dua di antaranya masih dalam kondisi selamat dan lima lainnya sudah meninggal dunia.

Dua korban selamat, yaitu Aris (27) warga Nipah Kuning, Kota Pontianak, dan Maulana (20) warga Desa Junjungan Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Keduanya merupakan ABK KM Kawan Lama 999. Sedangkan lima korban meninggal lainnya saat ini masih dilakukan identifikasi di RS Bhayangkara Pontianak.

"Hari ini kami dari TNI AL menggunakan KRI Kerambit (627) menyerahkan tujuh korban, dua di antaranya selamat dan lima orang lainnya meninggal," kata Danlantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman di Pontianak, Selasa (20/7/2021).

Usai dilakukan serah terima para korban tersebut kepada SAR Pontianak, Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Haryadi mengatakan, para korban itu langsung diserahkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Anton Soedjarwo Pontianak untuk mendapatkan pertolongan bagi yang selamat dan dilakukan identifikasi bagi yang sudah meninggal.

Yopi menjelaskan, kedua korban selamat itu telah terindentifikasi merupakan anak buah kapal (ABK) KM Kawan Lama 999. Keduanya berhasil dievakuasi sekitar 100 mil dari perairan Jungkat dan sudah memasuki perairan Natuna.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2