Wali Kota Pontianak Ajak Warga Tanam Cabai di Rumah Atasi Kelangkaan

Antara ยท Senin, 15 Juni 2020 - 12:42 WIB
Wali Kota Pontianak Ajak Warga Tanam Cabai di Rumah Atasi Kelangkaan
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak warga kembali menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing. Dengan cara itu warga bisa memenuhi kebutuhan cabai sehari-hari yang kini langka di pasaran.

Imbauan Wali Kota Edi itu terkait krisis cabai yang sedang terjadi di Kalimantan Barat (Kalbar). Menurut Edi, minimnya stok cabai di Pontianak berimbas pada harganya yang terus meroket dan rutin menyumbang inflasi tiap bulan.

Harga cabai rawit pasaran di sejumlah pasar tradisinal di Pontianak saat ini melonjak di kisaran Rp39.000 hingga Rp43.000 per kilogram. Namun apabila stok cabai di pasaran tercukupi, harga cabai diyakini kembali ke posisi normal.

"Apalagi cabai ini tidak bisa bertahan lama maksimum empat hari," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Sutarmidji memastikan telah mendatangkan 12 ton cabai rawit dari Tuban, Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan di pasaran sehingga tidak menyebabkan harga cabai melejit.

Sutarmidji meminta Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha untuk mendistribusikan cabe rawit dari distributor di Jawa Timur dan Jawa Tengah itu ke pasar.

Edi mengaku mendukung langkah Gubernur Sutarmidji mendatangkan cabe rawit dari Tuban ini. Kebijakan itu menurutnya akan membantu menstabilkan harga cabai di pasaran sehingga mencegah angka inflasi yang lebih tinggi.

"Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjaga harga kebutuhan pokok," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto