Wali Kota Pontianak Sebut Stok Elpiji Subsidi Mencukupi

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 14:02 WIB
Wali Kota Pontianak Sebut Stok Elpiji Subsidi Mencukupi
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (Foto: Antara)

PONIANAK, iNews.id - Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono meminta warga tidak khawatir dengan kelangkaan elpiji bersubsidi. Dia menjamin stok elpiji bersubsidi aman dan mencukupi kebutuhan warga.

Menurut Edi, antrean warga dalam sepekan terakhir bukan karena sulitnya mendapat elpiji bersubsidi. Hal itu terjadi karena ada pengecer yang menjual dengan harga di atas HET (harga eceran tertinggi) Rp16.500 per tabung.

"Antrean dalam seminggu terakhir disebabkan bukan elpiji subsidinya yang langka, tetapi di tingkat pengecer atau di warung harga jual lebih tinggi dari HET sebesar Rp16.500 per tabung," kata Edi ditemui di Pasar Dahlia, Pontianak, Jumat (24/7/2020).

Edi mengatakan, Pemkot Pontianak dan Pertamina hari ini melakukan operasi pasar di Pasar Dahlia untuk memastikan para pengecer elpiji menjual tidak melebihi HET yang ditentukan.

Dari laporan, ada beberapa pengecer tidak resmi yang menjual elpiji bersubsidi hingga Rp22.000 per tabung.

"Makanya hari ini dilakukan operasi pasar elpiji subsidi sehingga memudahkan masyarakat yang memang berhak untuk mendapatkannya dengan harga jual sesuai HET," ujarnya.

Menurut Edi, Pemkot Pontianak juga telah menggandeng kepolisian untuk mengecek jika ada pengecer atau pangkalan elpiji bersubsidi yang membandel.

Edi menambahkan, stok elpiji bersubsidi di Pontianak saat ini mencapai lebih dari 21.000 tabung per hari. Jumlah itu dinilai mencukupi.

Kendati demikian, ada beberapa pihak yang menjalankan usaha, namun menggunakan elpiji subsidi yang seharusnya hal tersebut tidak diperbolehkan.

"Silakan saja pihak rumah makan, restoran, hotel dan termasuk laundri untuk berusaha, tetapi jangan menggunakan elpiji subsidi, karena itu memang haknya masyarakat tidak mampu," katanya.


Editor : Reza Yunanto