Warga Muhammadiyah di Kalbar Diimbau Salat Idul Fitri di Rumah

Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 15:49 WIB
Warga Muhammadiyah di Kalbar Diimbau Salat Idul Fitri di Rumah
Gedung Muhammadiyah (dok iNews.id)

PONTIANAK, iNews.id - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kalimantan Barat (Kalbar) mengimbau warga Persyarikatan Muhammadiyah untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja. Imbauan itu dikeluarkan mengingat situasi pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

"Berdasarkan surat Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.04/EDR/I.O/E/2020 tanggal 21 Ramadhan 1441 H /14 Mei 2020 dan Surat Edaran Gubernur Kalbar No.440/0863/KESRA-B tanggal 17 Maret 2020 tentang Tanggap Darurat COVID-19, pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan di rumah masing-masing secara berjemaah bersama keluarga," ujar Wakil Ketua Pimpinan Muhammadiyah Kalbar Samsul Hidayat di Pontianak, Jumat (22/5/2020).

Dia menambahkan, untuk sementara waktu, pelaksanaan saalat wajib dan sunah juga dikerjakan masing-masing di rumah termasuk shalat tarawih. Selain itu, warga Muhammadiyah agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan tetap beraktivitas dari rumah saja.

"Kecuali, dengan hal-hal yang sangat mendesak, namun tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, pakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun," katanya.

Kendati demikian, imbauan ini tidak bermaksud membuat warga Muhammadiyah menjauhi hubungan sosial. Menurutnya, warga Muhammadiyah harus tetap menjaga hubungan sosial yang baik dan saling menghormati dengan seluruh warga.

"Harus tetap berderma. Pada situasi sekarang ini bantuan difokuskan pada warga yang terdampak Covid-19," ucapnya.

Die mengatakan, imbauan ini agar menjadi perhatian bersama oleh Majelis/Lembaga dan Organisasi Otonom di semua jenjang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah hingga anggota dan warga persyarikatan yang berada di Kalbar.


Editor : Reza Yunanto