Warga Pontianak Sulit Dapat Elpiji, Pertamina Gelar Operasi di 4 Pasar Ini

Antara ยท Senin, 27 Juli 2020 - 13:53 WIB
Warga Pontianak Sulit Dapat Elpiji, Pertamina Gelar Operasi di 4 Pasar Ini
Pertamina Wilayah Kalimantan Barat menggelar Operasi Elpiji Subsi di empat pasar tradisional di Pontianak, Senin (27/7/2020). (Antara/Ist)

PONTIANAK, iNews.id - Pertamina Wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar operasi pasar elpiji bersubsidi. Operasi digelar serentak di empat titik pasar tradisional di Kota Pontianak.

"Operasi pasar elpiji subsidi ini kami gelar di empat titik pasar tradisional di empat kecamatan, yang bertujuan memudahkan masyarakat mendapatkan elpiji subsidi dan sesuai HET (harga eceran tertinggi) Rp16.500 per tabung," kata Sales Area Manager Pertamina Kalbar, Weddy Surya Windrawan di Pontianak, Senin (27/7/2020)

Empat pasar yang menjadi sasaran operasi tersebut yakni Pasar Belimbing di Kecamatan Pontianak Barat, Pasar Puring di Kecamatan Pontianak Utara, Pasar Kenanga Anggrek di Kecamatan Pontianak Timur, dan Pasar Kemuning di Kecamatan Pontianak Kota.

Dia menjelaskan, di tiap pasar yang didatangi tersebut, masing-masing dijual 560 tabung sehingga total ada 2.240 tabung yang dijual di empat lokasi operasi pasar hari ini.

Pembeli elpiji bersubsidi pun dibatasi yakni dengan melampirkan identitas diri dan mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda telah membeli.

"Agar tepat sasaran satu warga hanya boleh membeli satu tabung, kemudian melampirkan foto copy KTP dan setiap jari warga yang membeli di celupkan tinta agar yang bersangkutan tidak bisa mengulang dalam membeli elpiji subsidi dengan waktu bersamaan," ujarnya.

Menurutnya, operasi pasar ini digelar khusus untuk masyarakat tidak mampu dan usaha kecil menengah (UKM) sehingga mereka yang membutuhkan elpiji tabung 3 kg mudah mendapatkan sesuai HET dan mencegah antrian di pangkalan-pangkalan elpiji subsidi.

Sementara itu, Sales Branc Manajer Pertamina Wilayah I Kalbar, Farid Akbar menambahkan, Pertamina telah menambah sebanyak 60.000-an tabung elpiji subsidi menjelang Hari Raya Idul Adha di wilayah Kota Pontianak.


Editor : Reza Yunanto