Warga Pontianak Keluhkan Elpiji Bersubsidi Langka, Satpol PP Amankan 11 Tabung dari Pelaku Usaha

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 17:54 WIB
Warga Pontianak Keluhkan Elpiji Bersubsidi Langka, Satpol PP Amankan 11 Tabung dari Pelaku Usaha
Warga Pontianak berdesakan demi mendapat gas elpiji 3 Kg. (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Satpol PP Kota Pontianak menyita 11 tabung elpiji dari sejumlah tempat usaha. Penyitaan itu dilakukan terkait razia kelangkaan elpiji bersubsidi di Pontianak.

"Operasi ini digelar terkait dengan keluhan masyarakat yang kesulitan mendapatkan elpiji 3 kilogram," ucap Kepala Satpol PP Kota Pontianak Syarifah Adriana, Jumat (24/7/2020).

Dia mengatakan, tim Satpol PP menyisir sejumlah tempat usaha, seperti warung kopi, rumah makan, restoran, dan hotel, di antaranya Jalan WR Supratman, Tanjungpura dan lokasi lainnya.

Dari penyisiran itu satpol PP menemukan sejumlah tempat usaha yang tak berhak memakai elpiji bersubsidi.

Terhadap pelaku usaha tersebut hanya dilakukan pembinaan dengan penyitaan tabung elpiji dan tidak dikenakan sanksi administratif.

"Kepada pelaku usaha yang masih menggunakan elpiji 3 kilogram untuk segera menukarnya dengan tabung elpiji nonsubsidi," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, stok elpiji bersubsidi di wilayahnya mencukupi. Stok per hari mencapai 21.000 tabung.

Kelangkaan yang terjadi bukan karena stok kurang, namun karena ada penjual eceran yang menjual elpiji bersubsidi di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) dan menjual ke yang tidak berhak.


Editor : Reza Yunanto