Edi Kamtono dan YouTuber Hobby Makan, Evan memborong takjil di Jalan Sepakat 2, Kelurahan Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara, Jumat (15/4/2022). (Foto: Ist)
Reza Yunanto

PONTIANAK, iNews.id - Aksi tak biasa dilakukan Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Menggandeng YouTuber Evan pemilik akun Hobby Makan, Edi memborong takjil dan dibagikan gratis untuk warga.

Edi dan Evan memborong takjil yang dijajakan di pusat jajanan takjil di Jalan Sepakat 2, Kelurahan Bansir Darat, Kecamatan Pontianak Tenggara pada Jumat (15/4/2022).

Tak hanya jajanan takjil yang kebanyakan adalah kue, dua kios ayam geprek di kawasan tersebut juga diborong Edi dan Evan.

Pedagang minuman untuk berbuka puasa yang berada di kawasan itu juga kecipratan. Seluruh minuman yang dijual habis diborong Edi dan Evan.

"Hikmah bulan Ramadan ini salah satunya adalah meningkatnya pendapatan para pelaku UMKM terutama usaha kuliner yang banyak dicari untuk berbuka puasa," tutur Edi dikutip dari laman Pemkot Pontianak, Senin (18/4/2022).

Edi bercerita, awalnya dia memang hendak keluar rumah untuk membeli takjil. Secara kebetulan, Evan menghubunginya via telepon untuk berburu takjil bareng.

Ajakan itu bersambut. Evan mendatangi rumah dinas Edi, dan keduanya lalu menuju salah satu pusat penjualan takjil di Pontianak.

Edi menuturkan, aksi borong takjil ini merupakan cara untuk membangkitkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk karena pandemi.

Sebab, takjil yang dijual umumnya titipan para warga. Menurut Edi, setidaknya ada 50 warga yang menitipkan kue di pusat jualan takjil yang dikunjunginya bersama Evan.

"Kita mengajak masyarakat membeli takjil atau kue-kue dagangan warga sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat serta membangkitkan perekonomian di Kota Pontianak," katanya.

Sementara Evan berharap aksinya bersama Wali Kota Pontianak ini tak hanya berhenti di dirinya saja. Dia berharap masyarakat lain juga memulai dengan cara membeli makanan yang dijual oleh UMKM.

"Makanya saya selalu menyampaikan pesan 'Lanjutkan di Kamu'," tutur Evan.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT