44 Petugas Bandara Supadio Pontianak Reaktif Rapid Test

Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 13:09 WIB
44 Petugas Bandara Supadio Pontianak Reaktif Rapid Test
Kepala Dinkes Kalimantan Barat dr Harisson. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat melakukan rapid test terhadap pegawai di Bandara Supadio, Pontianak. Hasil rapid test, 44 orang reaktif Covid-19.

"Pada 18 Mei 2020 lalu kita melakukan tes cepat terhadap 44 petugas Bandara Supadio Pontianak, hasilnya mereka reaktif Covid-19," ujar Kepala Dinkes Kalbar, dr Harisson dalam keterangan kepada pers, Kamis (21/5/2020).

Harisson mengatakan, atas hasil reaktif itu, 44 orang tersebut kemudian melanjutan pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan dengan PCR.

"Ini agar mendapat hasil yang lebih akurat," katanya.

Dia menambahkan, Dinkes Kalbar saat ini terus menggencarkan pelaksanaan rapid test untuk mendeteksi secara dini penularan virus corona dengan prioritas orang-orang yang rentan. Saat ini, jumlah orang yang reaktif rapid test di Pontianak mencapai 238 orang.

Dia mengatakan, kasus positif terjangkit Covid-19 di Kalbar saat ini memang cenderung menurun. Selama tiga hari berturut-turut tanpa ada penambahan kasus positif. Kendati demikian, dia mengingatkan bukan berarti masyarakat bisa mengabaikan protokol kesehatan. 

"Jadi hendaknya masyarakat terus melakukan protokol kesehatan, tidak keluar rumah bila tidak terlalu penting, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, laksanakan etika batuk dan bersin dengan benar," katanya.


Editor : Reza Yunanto