APBD Defisit Rp470 Miliar, Wali Kota Pontianak Akan Pangkas Perjalanan Dinas

Antara ยท Senin, 22 Juni 2020 - 14:25 WIB
APBD Defisit Rp470 Miliar, Wali Kota Pontianak Akan Pangkas Perjalanan Dinas
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pontianak tahun 2020 defisit Rp470 miliar akibat pandemi Covid-19. Mengatasi defisit tersebut, sejumlah pos pengeluaran akan dipangkas, termasuk perjalanan dinas aparat Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak.

"Kami dalam waktu dekat akan melakukan pembahasan perubahan anggaran bersama DPRD Kota Pontianak sebagai salah satu solusi dalam mengatasi defisit APBD," ujar Wali Kota Pontiana Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Senin (22/6/2020).

Edi menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak dalam mengatasi defisit anggaran yakni melakukan penghematan. Di antaranya meniadakan perjalanan dinas, serta mengurangi belanja infrastruktur dan belanja barang dan jasa hingga 50 persen.

Menurut Edi, hari ini dirinya bersama seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lPemkot Pontianak akan melakukan evaluasi terhadap program-program OPD, baik yang sudah dilaksanakan dan belum di masa pandemi Covid-19.

Edi menambahkan, meskipun akan ada pengurangan anggaran, Pemkot Pontianak tetap mengacu kepada kemaksimalan pelayanan publik. Selain itu, pelayanan yang diberikan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Menurut Edi, APBD Pontianak tahun ini sebesar Rp1,8 triliun. Untuk mengatasi defisit tersebut, dirinya akan melakukan pembahasan secepatnya bersama DPRD.


Editor : Reza Yunanto