Cerita Rakyat Kalimantan Barat Legenda Batu Menangis

Tim iNews.id ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 14:30:00 WIB
Cerita Rakyat Kalimantan Barat Legenda Batu Menangis
Cerita Rakyat Kalimantan Barat Legenda Batu Menangis. (YouTube Dongeng Kita)

Ibu Darmi yang mendengar jawaban tersebut hanya bisa menggelengkan kepalanya dengan sedih. Saat di ladang, ibu Darmi bekerja dengan keras dia mengumpulkan hasil panen dan besok akan dijualnya ke pasar. Ibu Darmi bekerja keras tanpa mempedulikan perutnya yang lapar.

Saat lelah dia beristirahat sambil meminum air kendi yang dibawanya. Dia pun berdoa dalam hati. "Ya Tuhan tolong kami. Ubahlah anakku dan lepaskan dia dari sifat malasnya." 

Setelah pulang dari ladang, dia langsung pergi ke rumahnya. Betapa terkejutnya di sana tidak ada makanan yang bisa untuk dimakan. Ternyata Darmi sama sekali tidak memasak, Darmi yang melihat ibunya pulang malah marah-marah. 

"Ibu ini ke mana saja sih. Masa tidak ada makanan di rumah. Aku kan lapar seharian tidak makan," ucap Darmi.

Ibunya pun menjawabnya dengan sabar. "Darmi, tadi kan ibu sudah menyuruhmu untuk memasak." Darmi yang mendengar jawaban itu langsung pergi meninggalkan ibunya yang kelaparan dan juga lelah.

Keesokan harinya, ibu Darmi sudah bersiap dengan hasil panennya. Dia akan pergi ke pasar,"Darmi ikutlah ibu ke pasar nak, ibu membutuhkanmu untuk membawa hasil ladang kita," ucap sang ibu. 

"Tidak mau bu. Nnti kulitku kotor apalagi pasar kan becek. Aduh aku tidak bisa membayangkan kulitku yang bersih ikutan kotor," kata Darmi.

Akhirnya, ibu ke pasar sendiri dengan membawa hasil ladang itu. Sorenya, ibu Darmi membawa uang hasil panen. Tidak terlalu banyak, tapi cukup untuk membeli kebutuhan beberapa hari. Darmi yang melihat ibunya sedang menghitung uang segera mendekati ibunya.

"Bu, bedakku habis tolong belikan dong bu,"ucap Darmi.

"Iya ibu belikan tapi kamu harus ikut supaya ibu tidak salah beli," jawab sang ibu.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: