Gubernur Sutarmidji Kirim 10.000 Seng untuk Korban Puting Beliung di Pontianak

Uun Yuniar ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 10:32 WIB
Gubernur Sutarmidji Kirim 10.000 Seng untuk Korban Puting Beliung di Pontianak
Gubernur Sutarmidji memberikan 10.000 lembar seng untuk korban angin puting beliung di Pontianak, Senin (20/7/2020). (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) mengirim 10.000 keping seng untuk warga Pontianak yang rumahnya rusak disapu angin puting beliung. Pembagian seng dilakukan melalui Pemerintah Kota Pontianak.

"Pemprov Kalbar telah memberikan bantuan 10.000 keping seng yang nantinya akan dibagikan melalui Wali Kota Pontianak, karena datanya ada di sana," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin (20/7/2020).

Sutarmidji mengatakan, bantuan yang diberikan Pemprov Kalbar tak hanya seng tapi juga biaya operasional untuk perbaikan atap rumah warga yang rusak. Dari informasi Pemkot Pontianak, jumlah rumah yang terkena dampak angin puting beliung mencapai 1.000 rumah.

"Biar Pak Walikota yang mengaturnya karena kebutuhannya 11.000 seng dan Pak Walikota tinggal nambah 1.000. Biaya operasional kita berikan juga. Jadi total bantuannya sekitar Rp500 juta," ujarnya.

Sutarmidji mengungkapkan, dampak puting beliung di Pontianak ini sangat besar dibanding daerah lain seperti di Kabupaten Bengkayang yang hanya merusak belasan rumah.

Angin puting beliung yang melanda Pontianak terjadi pada Jumat (17/7/2020). Wilayah yang terdampak paling parah yakni di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat, dan Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara.

Akibat musibah itu, ratusan kepala keluarga mengungsi di berbagai tempat. Rumah mereka tak bisa ditinggali lantaran atap rumah rusak dan masih terjadi hujan dengan angin kencang.


Editor : Reza Yunanto