Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!

Reza Rizki Saputra ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 18:06:00 WIB
Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!
Larangan dan etika suku Dayak Kalimantan. (Foto: ANTARA)

Bersikap Sopan Ketika Berkunjung ke Makam Orang Dayak

Tentunya kalian akan mendapatkan pengalaman unik tersendiri saat berkunjung ke tempat-tempat sakralnya orang Dayak. Salah satunya adalah areal permakaman. Cara penguburan orang Dayak cukup unik. Mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disangga. Sangat unik, namun kental dengan mistis. 

Aturannya, kita harus sopan ketika berada di tempat-tempat seperti ini. Pasalnya orang-orang Dayak amat mengeramatkan kuburan moyangnya. Jangan keceplosan mengeluarkan kata-kata tak pantas atau mengumpat. Mereka bisa merasa terhina dan akan membuat urusan ini jadi panjang.

Tato suku Dayak (Foto: Instagram @yanarebang)
Tato suku Dayak (Foto: Instagram @yanarebang)

Jangan Memandang Rendah Orang Dayak 

Sebagai pendatang maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati penduduk asli setempat. Kalimantan merupakan tanahnya orang Dayak maka kita harus menghormati mereka dan jangan sekalipun mencari masalah atau menghina mereka, karena dikhawatirkan sesuatu yang buruk mungkin saja bisa terjadi.

Orang Dayak memiliki sebuah magis yang kuat sehingga ketika diganggu mereka takkan segan-segan mengerahkan kesaktiannya untuk membalas sakit hatinya. Hal yang perlu diketahui bangi pendatang adalah Suku Dayak merupakan salah satu suku di dunia dengan kekuatan sihir terkuat. 

Tak hanya dengan sihir orang Dayak juga dapat melukai musuhnya dengan Mandau yang sakti atau Sumpit racunnya yang mematikan. Jadi jangan sampai hal tersebut terjadi kepada kita semua.

Membakar Terong 

Terong menjadi salah satu santapan enak yang ada di resto, terkecuali di Kalimantan Timur khususnya di daerah Pasir. Kalian harus hati-hati karena di sana tidak diperbolehkan membakar terong meskipun mentah. Jika kalian melanggar hal ini, maka kalian akan terkena bisul. Biasanya bisul akan lama timbul, karena semakin lama bisulnya semakin besar seperti terong.  

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: