Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!

Reza Rizki Saputra ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 18:06:00 WIB
Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!
Larangan dan etika suku Dayak Kalimantan. (Foto: ANTARA)

Menjawab Suara Aneh

Ketika kalian berjalan-jalan ke Hutan Kalimantan, kemudian mendengar suara aneh yang seakan memanggil-manggil nama kalian, jangan dijawab.

Dikhawatirkan asal suara tersebut berasal dari makhluk ghoib yang akan menyesatkan kalian dan akan membawa kalian ke alam mereka untuk dijadikan teman. Disarankan bagi kalian untuk memakai Headset sambil mendengarkan musik, supaya tak mendengar suara-suara aneh.

Memberi Foto

Apabila kalian sedang berkunjung ke Kalimantan, jangan sesekali memberikan foto kalian kepada orang lain. Tapi apabila diharuskan, lubangi foto tersebut menggunakan jarum terutama di bagian wajah.

Alasannya, orang kalimantan percaya jika kita memberikan foto kepada orang lain sama saja kita memberikan peluang kepada orang lain untuk memikat, menyakiti, atau bahkan membunuh kita dengan cara mistis.

Namun apabila foto tersebut telah kita dilubangi, maka kita akan terhindar dari kejahatan orang lain. Karena foto yang kita dilubangi sudah tak sama lagi dengan diri kita.

Itu dia aturan yang harus kita ketahui sebelum menjejakkan kaki di Kalimantan. Sebagai pendatang kita harus menghormati kebudayaan dan adat setempat serta mematuhi semua hal tersebut.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: