Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!

Reza Rizki Saputra ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 18:06:00 WIB
Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!
Larangan dan etika suku Dayak Kalimantan. (Foto: ANTARA)

Dilarang Menghina Patung Kayu  

Apabila kita diperhatikan, di Kalimantan banyak rumah adat yang di depannya terdapat patung yang terbuat dari kayu. Konon, ini bukanlah patung biasa melainkan simbol untuk leluhur suku Dayak yang telah meninggal.

Larangan yang ada tentang kayu ini jangan pernah sekalipun menghina bentuknya meski hanya dalam hati.  Terdapat banyak kejadian orang-orang yang menghina patung ini lalu diganggu oleh makhluk halus. Gangguan ini akan terus ada sampai para penghina meminta maaf kepada pihak keluarga yang dihina. 

Perempuan Suku Dayak. (Foto: ist)
Perempuan Suku Dayak. (Foto: ist)

Jangan Permainkan Gadis Dayak   

Siapapun yang datang ke Kalimantan pasti akan terpesona dan terpikat dengan kecantikan para gadis suku Dayak. Namun, terdapat satu hal yang perlu diperhatikan bagi para laki-laki, terkait dengan gadis-gadis Dayak. Ini tentang larangan untuk tidak pernah mengganggu gadis-gadis Dayak atau mempermainkannya. 

Menurut mitos yang banyak beredar, siapapun yang mengganggu mereka, lebih-lebih mempermainkannya, dipastikan akan hilang alat vitalnya. Memang terdengar sangat mustahil tetapi sudah banyak yang bercerita tentang hal ini.

Hati-Hati saat Mencicipi Makanan

Siapapun pastinya akan senang apabila mendapatkan makanan gratis. Tetapi jangan coba-coba mencicipi makanan yang diberikan oleh orang yang tidak kita kenal saat di Kalimantan.

Konon katanya dalam makanan tersebut dikhawatirkan terdapat aroma pemikat atau guna-guna yang akan membuat kita tergila-gila dengan orang yang memberi makanannya. Namun jika kalian tetap ingin memakannya, sebaiknya kalian langkahi terlebih dahulu makanan tersebut sebanyak 3 kali.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: