Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!

Reza Rizki Saputra ยท Sabtu, 06 Agustus 2022 - 18:06:00 WIB
Larangan Adat dan Etika Suku Dayak Kalimantan, Pendatang Perlu Tahu!
Larangan dan etika suku Dayak Kalimantan. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id - Larangan adat dan etika suku Dayak Kalimantan ini penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang ingin mendatangi Pulau Kalimantan. 

Pulau Kalimantan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Sebagian wilayah di Pulau Kalimantan adalah negara Malaysia dan Brunei Darussalam. 

Terdapat berbagai etnis yang menjadi penduduk di Pulau Kalimantan. Suku Dayak merupakan salah satu  yang dominan. Selain itu ada etnis Melayu dan Tionghoa. 

Pakaian Adat Suku Dayak Kalimantan. (Foto: Instagram)
Pakaian Adat Suku Dayak Kalimantan. (Foto: Instagram)

Pulau Kalimantan memiliki alam yang indah dan mengandung kekayaan alam yang luar biasa, sehingga banyak pendatang mencari rezeki di pulau ini.

Percaya atau tidak, terdapat beberapa larangan dan etika yang tidak bisa diremehkan jika menetap di Kalimantan khususnya untuk para pendatang. 

Berikut larangan adat dan etika suku Dayak Kalimantan:

Jangan Bermain-main dengan Mandau 

Mandau merupakan senjata yang dianggap keramat bagi suku Dayak. Meskipun, bentuknya seperti parang pada umumnya, namun senjata ini tidak bisa dipakai semaunya serta harus terdapat alasan khusus.
  
Menurut kepercayaan orang Dayak, Mandau yang telah keluar dari sarungnya akan memakan korban. Oleh sebab itu, bagi para pendatang jangan coba-coba bermain-main dengan senjata yang satu ini. 

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: