New Normal, Hotel di Pontianak Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tamu Merasa Aman

Antara ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 13:11 WIB
New Normal, Hotel di Pontianak Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tamu Merasa Aman
Ilustrasi pengukuran suhu. (ANTARA)

PONTIANAK, iNews.id - Sejumlah Hotel di Pontianak, Kalimantan Barat telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat di masa kenormalan baru (new normal). Hal itu dilakukan agar tamu yang datang merasa aman.

"Saat ini sektor perhotelan dan restoran di Kota Pontianak mulai menggeliat, dan hal itu juga dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan oleh mereka," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalbar, Yuliardi Qamal di Pontianak, Jumat (19/6/2020).

Sejumlah protokol yang dijalankan seperti melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin bahkan tiga kali sehari, mewajibkan penggunaan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, dan melakukan pengukur suhu tubuh

Dia mengatakan, setelah pemerintah mengumumkan penerapan aturan normal baru dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, sektor perhotelan dan rumah makan khususnya di Kota Pontianak mulai menggeliat lagi.

"Dengan mulai diterapkan normal baru di Kota Pontianak, maka saat ini mulai ada perubahan, dan kami dalam hal ini sudah mempersiapkan terkait menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam menggerakkan perekonomian," ujarnya.

Kendati demikian ada juga hotel di Pontianak yang belum mulai beroperasi lagi. Salah satu pertimbangan karena tingkat kunjungan yang masih sepi di tengah pandemi.

"Hingga saat ini tercatat lima hotel di Kota Pontianak yang memilih tutup sementara waktu dikarenakan tidak adanya tamu yang menginap, yang kemudian menyebabkan pemutusan hubungan kerja sementara terhadap karyawannya," ujarnya.

Dia mengakui, industri perhotelan merasakan pukulan yang berat selama masa pandemi Covid-19. Sektor perhotelan di Pontianak bukan lagi turun, tapi terjun bebas. Bahkan ada beberapa anggota PHRI yang tidak mampu lagi untuk bertahan sehingga menutup usahanya.

"Sehingga kami menyambut baik dengan penerapan normal baru di Kalbar khususnya di Pontianak, dan diharapkan bisa membangkitkan kembali sektor perekonomian yang sebelumnya terpuruk," katanya.

Salah satu pengelola hotel, Thomas Bun menyatakan, di hotelnya sudah mulai menerapkan protokol kesehatan guna memastikan para karyawan dan tamu yang datang bebas Covid-19.

"Sesuai aturan, yakni baik karyawan dan tamu wajib menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, lalu setiap tamu yang hendak masuk dicek suhu tubuhnya, dan selalu menjaga jarak," kata General Manager Hotel Kini di Pontianak ini.


Editor : Reza Yunanto