Satgas TNI Bangun Jalan untuk Warga Kapus Hulu di Perbatasan

Antara ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 11:56 WIB
Satgas TNI Bangun Jalan untuk Warga Kapus Hulu di Perbatasan
Personel TNI membangun gorong-gorong dan jembatan di wilayah perbatasan Malaysia di Kapuas Hulu, Kalbar. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Satgas TNI membangun jalan sepanjang 7,2 kilometer di Desa Sungai Abau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang merupakan wilayah perbatasan dengan Malaysia. Pengerjaan itu bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Saat ini pekerjaan fisik terutama pembangunan jalan sepanjang 7,2 kilometer sedang dilakukan," kata Dansatgas TMMD Kodim 1206 Putussibau, Letkol Basyaruddin di Putussibau, Jumat (10/7/2020).

Menurutnya, pengerjaan jalan di lokasi TMMD tersebut dilakukan secara gotong-royong bersama warga setempat. Selain jalan, TNI juga membangun gorong-gorong dan jembatan untuk memudahkan akses warga di wilayah perbatasan itu.

Dia menuturkan, warga antusias dengan TMMD tersebut dan terbukti dari turut-sertanya mereka dengan membawa peralatan untuk membantu pengerjaan yang dilakukan prajurit TNI.

"Pekerjaan sudah mulai terlihat meski cuaca kurang mendukung karena curah hujan cukup tinggi, Alhamdulillah pekerjaan masih terus berlanjut," katanya.

Sebelumnya, Satgas TNI yang melakukan program TMMD di wilayah perbatasanjuga memberikan pembinaan mental ideologi Pancasila kepada warga perbatasan.

Salah satu tujuan pembinaan mental ideologi Pancasila yang disampaikan Satgas TNI saat TMMD itu untuk membentengi warga perbatasan agar tidak terpengaruh oleh kelompok-kelompok tertentu dari luar Indonesia maupun dari dalam yang berpotensi mengganggu kedaulatan negara.


Editor : Reza Yunanto