7 Senjata Tradisional Suku Dayak, Dipakai untuk Berburu dan Upacara Adat

Fajar Hendra Jaya ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:00:00 WIB
7 Senjata Tradisional Suku Dayak, Dipakai untuk Berburu dan Upacara Adat
Senjata Tradisional Suku Dayak, Mandau. (Foto: Kemendikbud)

JAKARTA, iNews.id - Senjata tradisional suku Dayak ini masih digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berburu dan mempertahankan diri. Senjata tradisional suku Dayak ini juga biasa digunakan dalam upacara adat.

Senjata tradisional Dayak memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Salah satunya yakni terdapat ukiran khas suku Dayak yang menambah kesan mewah.

Apa saja senjata tradisional suku Dayak? Berikut ulasannya.

1. Mandau

Senjata tradisional suku Dayak yang pertama adalah Mandau. Mandau ini merupakan salah satu senjata tradisional suku Dayak yang cukup terkenal. Selain digunakan untuk berperang dan mempertahankan diri dari serangan lawan, mandau ini juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti berburu ataupun berladang. 

Mandau juga digunakan untuk pelengkap tarian suku Dayak, seperti tarian mandau, dan tarian kancet papatai .

2. Bujak

Bujak merupakan salah satu senjata suku Dayak  yang digunakan untuk berburu hewan di hutan. Bujak ini memiliki bentuk ukuran seperti tombak dan memiliki ukuran yang panjang serta ujungnya yang runcing yang berguna untuk melumpuhkan hewan buruan yang ditarget.

Biasanya masyarakat Dayak memberikan racun dari getah pohon ipuh diujung bujak, guna mempermudah mematikan hewan buruan. Bujak ini terbuat dari kayu pohon ulin, sehingga bujak ini bisa tahan dan awet hingga bertahun-tahun.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: