Tangkap Pembalak Liar, Danrem 121/Abw: Oknum Aparat yang Terlibat Kita Tindak!

Uun Yuniar, Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 09:58 WIB
Tangkap Pembalak Liar, Danrem 121/Abw: Oknum Aparat yang Terlibat Kita Tindak!
Our inDanrem 121/Abw Brigjen Ronny meninjau lokasi pembalakan liar. (iNews.id/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Personel TNI ikut serta dalam penangkapan pelaku pembalakan liar di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) pendidikan milik Universitas Tanjungpura (Untan), Kalimantan Barat. Keterlibatan TNI dalam penangkapan itu karena ada informasi yang menyebut pelaku dibekingi oknum aparat.

"Karena diinformasikan di lokasi itu para pelaku dilengkapi dengan senjata dan diduga dibekingi oknum aparat," kata Danrem 121/Alambhana Wanawan, Brigjen Ronny dalam keterangan di Pontianak, Kamis (25/6/2020) sore.

Dia menjelaskan, tim gabungan yang terlibat dalam operasi penangkapan yakni Kodim 1201 Mempawah, Polres Mempawah, Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Barat, KPH Mempawah, dan Fakultas Kehutanan Untan.

Dalam penangkapan itu, diamankan 10 orang pelaku dari lokasi pembalakan di hutan pendidikan milik Untan yang berlokasi di Desa Parit Bugis, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah.

Namun, dua orang yang diduga sebagai otak kegiatan pembalakan liar itu tidak ikut tertangkap karena tidak berada di lokasi dan saat ini dalam pengejaran.

Aktivitas pembalakan liar di hutan pendidikan itu diduga telah berlangsung lama.

Hal itu diperkuat adanya temuan kayu log dan olahan ukuran 12x20x4 dan papan berbagai ukuran. Selain itu juga terdapat kamp-kamp, gergaji mesin, dan sepeda sebagai alat untuk melangsir kayu olahan itu.

Terkait dugaan keterlibatan oknum aparat yang membekingi aktivitas pembalakan liar tersebut, dia memastikan akan menindak tegas.

"Kalau memang ada oknum aparat yang terlibat, perintah pimpinan kami tegas. Pasti akan dikenakan tindakan disiplin bahkan sampai pada tindakan hukum sesuai aturan yang berlaku," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto