Bandara Supadio Sediakan Layanan Rapid Test, Ini Biaya dan Caranya

Reza Yunanto ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 14:48 WIB
Bandara Supadio Sediakan Layanan Rapid Test, Ini Biaya dan Caranya
Bandar Udara Internasional Supadio, Kalimantan Barat. (Instagram)

PONTIANAK, iNews.id - Bandara Internasional Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat menyediakan layanan rapid test bagi calon penumpang yang hendak menggunakan jasa penerbangan. Rapid test tersebut disediakan oleh BUMN Kimia Farma.

"Saat ini telah ada fasilitas rapid test di Bandara Supadio yang disediakan oleh Lab Klinik Kimia Farma. Bagi penumpang yang akan berangkat dengan pesawat terbang, bisa mengunakan fasilitas ini ya," dikutip dari akun Instagram @supadioairport yang diunggah Jumat (19/6/2020).

Rapid test dilayani setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Bagi calon penumpang yang akan mengikuti rapid test diminta menunjukkan identitas berupa KTP atau SIM.

Untuk biaya rapid test yakni Rp225.000, ditambah surat keterangan Rp55.000, sehingga total biaya yang harus disiapkan calon penumpang sebesar Rp280.000 untuk mengikuti satu kali rapid test.

Lokasi rapid test bertempat di paling ujung dari gedung terminal bandara.

"Kami sangat menyarankan untuk melakukan test minimal 1 jam sebelum keberangkatan. Karena durasi untuk menunggu hasil test adalah 15-30 menit," lanjut unggahan tersebut.

Bandara Supadio pekan lalu kembali membuka penerbangan untuk umum, dengan mensyaratkan setiap calon penumpang menunjukkan surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang bisa didapat dari hasil rapid test atau tes swab.

Sebelumnya Bandara Supadio membatasi penerbangan untuk umum. Penerbangan hanya dapat dilakukan oleh pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat, dan repatriasi bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI), WNI, pelajar atau mahasiswa yang berada di luar negeri.


Editor : Reza Yunanto