PPDB SMP Dimulai, Pemkot Pontianak Siapkan Tim Pengawas

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 11:08 WIB
PPDB SMP Dimulai, Pemkot Pontianak Siapkan Tim Pengawas
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat menyiapkan tim pengawas untuk mengawasi proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring tingkat SMP sederajat. Pengawasan menggandeng Ombudsman dilakukan sebagai bentuk transparansi.

"Sistem PPDB online diawasi oleh Ombudsman sebagai bentuk transparansi proses penerimaan siswa baru, khususnya tingkat SMP Negeri di Kota Pontianak," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Jumat (26/6/2020).

Dia menjelaskan, dibentuknya tim pengawas itu, agar kebijakan pemerintah terutama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bisa terlaksana dengan baik.

Dengan demikian masyarakat juga bisa melihat dan mengawasi agar proses PPDB berjalan sesuai aturan. Dirinya tak menampik jika nantinya dalam proses PPDB terdapat kendala di lapangan.

"Persoalan jarak, ukurannya sudah sangat jelas tetapi namanya masyarakat berusaha memilih sekolah yang dianggap favorit. Oleh sebab itu sistem zonasi sebenarnya meniadakan sekolah favorit," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pontianak, Syahdan Lazis menjelaskan, PPDB SMP akan dibuka mulai tanggal 29 Juni hingga 9 Juli mendatang.

"Total kuota penerimaan siswa SMP Negeri se-Kota Pontianak tahun 2020 sebanyak 5.939 siswa. Dari total kuota tersebut, dibagi menjadi empat jalur penerimaan, di antaranya jalur zonasi 50 persen, jalur prestasi 30 persen, afirmasi 15 persen, dan perpindahan orang tua 5 persen," katanya.


Editor : Reza Yunanto