Sederet Fakta Menarik Kota Singkawang, Raih Predikat Kota Paling Toleran

Reza Rizki Saputra ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 14:12:00 WIB
Sederet Fakta Menarik Kota Singkawang, Raih Predikat Kota Paling Toleran
Fakta menarik Kota Singkawang, kota paling toleran di Indonesia. (Foto: https://pastikesingkawang.id)

JAKARTA, iNews.id - Fakta menarik Kota Singkawang ini mungkin belum banyak yang mengetahui. Kota Singkawang salah satu kota di Provinsi Kalimantan Barat. 

Kota yang terkenal dengan keberagaman dan toleransinya ini dipimpin oleh seorang perempuan keturunan Tionghoa bernama Tjhai Chui Mie.

Kota Singkawang berjarak 145 kilometer sebelah utara Kota Pontianak. Memiliki luas wilayah 504 kilometer persegi. Berdirinya Kota Singkawang tak terlepas dari orang-orang Tionghoa masa lalu. 

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (ANTARA)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (ANTARA)

Menurut keyakinan orang-orang Tionghoa dari suku Hakka, nama Singkawang berasal dari kata "San Kew Jong" yang artinya kota yang terletak di antara laut, muara, gunung dan sungai. Faktanya, Kota Singkawang memang berbatasan dengan Laut Natuna pada bagian barat dan dikelilingi oleh Gunung Roban, Pasi, Raya, Gunung Poteng dan Sakok. 

Keberadaan orang Tionghoa membuat Kota Singkawang dikenal dengan sebutan seperti Kota Amoi, Kota Seribu Kelenteng, hingga Hongkong Van Borneo. 

Berikut fakta menarik Kota Singkawang yang dirangkum iNews.id

Kepala Daerah Perempuan Tionghoa Pertama di Indonesia 

Keberagaman dan toleransi menjadi ciri khas yang tidak bisa dipisahkan dari Kota Singkawang. Kota ini terdiri dari beragam etnis dan kepercayaan. Namun demikian, masyarakatnya hidup rukun dan penuh toleransi. Penduduk mayoritas Kota Singkawang adalah Tionghoa, Dayak, dan Melayu, sehingga dikenal dengan singkatan Tidayu. Ketiga suku tersebut, bersama dengan etnis dan kepercayaan yang mereka anut, hidup berdampingan secara rukun dan damai. 

Bukti toleransi di Singkawang berupa penghargaan Kota Paling Toleran di Indonesia tahun 2018 dari Setara Institute. Selain itu, Singkawang juga menjadi kota dengan kepala daerah perempuan Tionghoa pertama di Indonesia yang bernama Tjhai Chui Mie.

Tjhai Chui Mie menerima kembali penghargaan Singkawang sebagai Kota Tertoleran di tahun 2020.  Selain itu, Singkawang  menerima Anugerah Kebudayaan PWI pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari 2021 lalu.  Berbagai tradisi tahunan khas Tionghoa pun diselenggarakan, seperti Cap Go Meh, Imlek, dan Ceng Beng, bahkan Pawai Tatung. 

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: