Tempat Wisata di Singkawang Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi

Tim iNews.id ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 17:00:00 WIB
Tempat Wisata di Singkawang Kalimantan Barat yang Menarik Dikunjungi
Tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat. Batu Belimbing. (Foto: Instagram @bernardmaruli)

JAKARTA, iNews.id – Terdapat 10 tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi. Kota Singkawang dikenal dengan daya tarik wisata, baik bagi pelancong domestik maupun mancanegara.
 
Singkawang berjarak 145 kilometer sebelah utara Pontianak. Kota ini dikelilingi pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok. Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka yakni 'San Khew Jong' artinya kota di bukit dekat laut dan estuari.

Dari lokasinya saja sudah pasti, daerah yang dihuni banyak keturunan Tionghoa ini memiliki tempat wisata menarik. 

Berikut 10 tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata pertama ini merupakan salah satu spot paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Pantai ini terkenal akan pasir putih lembut dan garis pantainya yang cukup panjang. Suara ombak di sini cukup tenang, sehingga bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan berisiknya deburan ombak, spot satu ini bisa masuk dalam wishlist.

Pantai kura kura. (Foto: Antara)
Pantai kura kura. (Foto: Antara)

2. Pantai Kura-Kura

Pantai lainnya yang wajib dikunjungi adalah Kura-Kura atau juga dikenal dengan 'Dan Khew Jong'. Lokasinya terletak di perbatasan Kota Bengkayang dan Singkawang dan dikelilingi perbukitan. Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Kura-Kura dari atas bukit. Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah banyaknya kawanan ubur-ubur yang bermunculan ke permukaan di pagi hari.

3. Pulau Simping

Ingin tahu seperti apa pulau terkecil di dunia? Anda bisa mengunjungi spot wisata satu ini. Pulau Simping merupakan pulau di Singkawang Selatan dan tercatat di PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Meskipun demikian, pulau ini kaya akan pesona bahari yang cantik dan eksotis. 

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: